Selasa, 01 Mei 2012

Diposkan oleh Tirsaayu di 02.33

“The Heart of Borneo Heart”  Central Kalimantan

Authentic Dayak culture and life style
Keaslian budaya dayak dan gaya hidup

Orangutans in their natural habitat
orang utan dalam lingkungan alam mereka

Jungles in the heart of borneo
Hutan-hutan di jantung borneo

Located on the equator, in the heart of the famed island of Borneo, Central Kalimantan is home to Dayak people, to great jungles to unique wild life, notably the orangutan. At Tanjung Puting National Park you can see orangutans in their jungle habitat, accessible by daily flights or buses from Palangka Raya. At the BOS foundation’s education centre, close to Palangka Raya, you can see orphaned orangutans in their rehabilitation program

Loksasi katulistiwa, di tengah pulau Borneo yang terkenal di dunia, Kalteng adalah tempat orang Dayak ada hutan-hutan yang lebat dan serta orang utan yang unik. Untuk melihat orangutan di dalam lingkungan hutan  yang unik tempat hidup mereka, lokasi terbaik adalah Taman Nasional Tanjung Puting, dapat dicapai setiap hari dengan pesawat terbang atau bis dari Palangka Raya. Di BOS Foundation adalah pusat pendidikannya, tempatnya dekat Palangka Raya,sapat melihat orang utan dalam program rehabilitasi.

(Adapted from : Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Provinsi Kalteng)

KONSERVASI DI KAWASAN SEBANGAU

Dengan total luasan 568.700 Ha, secara administratif berada di wilayah kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Pulang Pisau. Fungsi Sebangau sebagai daerah tangkapan air, nilai keanekaan hayati yang tinggi, dan potensi sumber ekonomi yang beragam menjadi alasan mengapa kawasan ini perlu dilindungi dan dikelola untuk kepantingan 61.0000 masyarakat yang tinggal di sekitarnya.
Keberadaan dan kelangsungan kawasan ini masih terancam antara lain oleh timbulnya bahaya kebakaran dan banjir yang terjadi, ancaman konversi hutan dan pembakaran liar. Kanal/parit yang mencapai jumlah ratusan berpengaruh terhadap keseimbangan hidrologi kawasan dan mengeringkan gambut yang menyebabkan kebakaran.

Untuk mengurangi dampak kerusakan tersebut, dilakukan beberapa upaya mengembalikan fungsi kawasan:

UPAYA Restorasi Kawasan Sebangau


PENYEKATAN KANAL & PARIT
Salah satu upaya untuk mengurangi dampak pengatusan air yang berlebih, debit air tetep stabil maka dilakukan penyekatan kanal dan parit. Upaya ini selain bertujuan untuk mengurangi pengatusan air, juga dimaksudkan untuk mempertahankan kelembaban air disekitar kanal selama musim kemarau.

PENANAMAN KEMBALI
Kondisi gambut yang tidak terlalu kering, tidak memungkinkan untuk dilakukan penanaman kembali. Namun dengan upaya penyekatan kanal dan parit menjadikan kelembaban tanah disekitarnya tetap terjaga. Selain itu pemilihan jenis pohon disesuaikan dengan kondisi habitat aslinya. Jenis yang direkomendasikan seperti tanaman Belangeran (Shorea belangeran), Pulai (Alstonia sp.), Jelutung (Dyera lowii), dan Tutup Kabali (Diospyros sp.).

Mulai sekarang cobalah cintai alam sekitar kita. Dan tanaman rasa cinta lingkungan terhadap keluarga, maupun teman. Belum lagi isu-isu tentang Global Warming yang mulai mencuat lagi akhir-akhir ini. Berikan lah suatu contoh perlakuan cinta terhadap lingkungan sekitar, misalkan saja menanam pohon,  dan membuang sampah pada tempatnya. Semoga saja perlakuan sekecil ini, mampu berdampak besar pada perubahan lingkungan sekitar ke arah yang lebih baik lagi.



0 komentar:

Poskan Komentar

 

Tirsa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea