Sabtu, 17 April 2010

Kalor Dalam Balon Udara

Diposkan oleh Tirsaayu di 00.26

Dalam pembelajaran fisika pada hari kamis yang lalu. Di kelas X-1 melihat balon udara kampanye milik salah satu kandidat Pilkada, balon udara tersebut terbang melewati kelas kami. Ternyata balon udara tersebut salah satu contoh dari kalor. Udara dalam balon mengembang karena diberi kalor. Kalor merupakan energi yang dipindahkan dari satu benda ke yang lainnya, karena adanya perbedaan suhu. Secara alamiah, kalor berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah hingga terjadi keseimbangan termal di antaranya.

Prinsip kerja balon udara adalah dengan membuat udara dalam balon lebih ringan atau memiliki massa jenis yang lebih kecil dari udara luar sekitar balon sehingga balon udara dapat naik (terbang).

Balon udara yang diisi dengan udara panas

- Pada jenis balon udara ini terdapat suatu pembakar yang berfungsi untuk memanaskan udara dalam balon sehingga udara dalam balon menjadi lebih ringan dari udara luar sekitarnya.

Pada prinsipnya Balon udara itu mengembang karena diisi udara panas. Ada pula yang menggunakan gas batu bara atau hidrogen. Dengan begitu balon akan melayang bebas di udara. Untuk menaikkan atau menurunkan balon dapat dilakukan dengan menambah atau mengurangi gas yang mengisi ruang balon.

Tapi, tahukah kita bahwa apa yang terjadi hingga balon naik atau turun sesungguhnya mengikuti hukum Archimedes "gaya apung yang diterima oleh suatu benda yang melayang di suatu fluida sama dengan berat fluida yang dipindahkannya"

Jika kita menginginkan balon naik ke udara dan melayang pada ketinggian tertentu, maka yang dilakukan adalah mengisi balon sehingga berat udara yang dipindahkan lebih berat dari berat balon. Hingga kemudian mencapai titik ketinggian yang diinginkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Tirsa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea