Sabtu, 17 April 2010

Sinar-X Pada Foto Rontgen

Diposkan oleh Tirsaayu di 02.25
Sinar-X atau sinar Röntgen adalah salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 picometer (mirip dengan frekuensi dalam jangka 30 PHz to 60 EHz). Sinar-X umumnya digunakan dalam diagnosis gambar medikal dan Kristalografi sinar-X. Sinar-X adalah bentuk dari radiasi ion dan dapat berbahaya.

Sinar-X adalah salah satu contoh gelombang elektromagnetik. Sinar-X mempunyai frekuensi dari 1016 Hz sampai 1020 Hz. Panjang gelombangnya sangat pendek, yaitu dari 10-11 m sampai 10-8 m. Sinar-X mempunyai daya tembus yang besar, yaitu dapat menembus kertas, kain dan daging. Namun, sinar- X tidak dapat menembus logam dan tulang. Maka dari itu sinar-X dapat digunakan untuk melihat keadaan didalam tubuh seorang pasien. Contoh dari sinar-X adalah foto rotgen. Dengan foto rotgen kita bisa mengetahui lebih dini penyakit yang diderita si pasien. Biasanya sebelum melakukan operasi. Organ tubuh yang dioperasi di foto rotgen terlebih dahulu. Agar tahu penyebab penyakitnya.


Ayah saya pernah melakukan pemeriksaan foto rotgen pada jantungnya di salah satu rumah sakit. Dari hasil foto rotgen tersebut keadaan jantung ayah saya terlihat jelas. Ternyata ayah saya menderita penyakit jantung koroner. Dokter juga menganjurkan diadakan operasi pemasangan ring. Tetapi ayah saya menolak. Di ingin mencoba pengobatan alternative dan medis terlebih dahulu.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Tirsa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea