Sabtu, 12 Maret 2011

Pohon Pelangi

Diposkan oleh Tirsaayu di 00.47
Onion Icons
Onion Icons
MSN Onion Icons
Eucalyptus Pelangi atau Eucalyptus deglupta (Rainbow Eucalyptus) berasal dari hutan hujan Mindanao, yang merupakan pulau paling selatan dan timur pada kelompok pulau Filipina. Ini berarti bahwa pohon ini adalah tumbuhan tropis. Pohon ini tidak tahan pada cuaca dingin.
Eucalyptus Pelangi tidak memproduksi minyak aromatik seperti halnya kelompok pohon eucalyptus yang lain. Dikabarkan, pohon berwarna-warni ini juga tumbuh di Papua Nugini dan New Britain.

Rahasia di balik Eucalyptus Rainbow sebenarnya cukup sederhana. Pohon-pohon itu adalah tambalan setiap beberapa tahun ganti kulit, tapi tidak pada saat yang sama. Karena beberapa tambalan alaminya hilang, kulit hijau dalam terekspos, dan, dewasa, setiap tambalan baru pertama berubah kebiruan, kemudian oranye, ungu dan merah. Hal ini menciptakan efek pelangi yang membuat pohon-pohon ini begitu baik untuk dilihat.
MSN Onion Emoticons
Belum ada laporan bahwa pohon indah ini tumbuh di Indonesia, yang keadaan alamnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Filipina maupun Papua Nugini.

Memang pergantian kulit dari eucalyptus yang tidak merata seolah menimbulkan robekaan-robekan pada bagian tubuhnya. Warna yang yang terbentuk adalah bagian dari lapisan kulitnya. Seandainya kulit eucalyptus terkelupas secara menyeluruh maka keindahan tersebut tidak akan terlihat.
Memang dibalik kekurangan ada keindahan. Eucalytpus tidak baik untuk kesuburan tanaman, karena sifatnya yang menyerap unsur hara sehingga menguruskan tanah.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Tirsa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea